Jumat, 23 Januari 2015

6 Penyebab Cegukan dan Cara Mudah Mengatasinya

6 Penyebab Cegukan dan Cara Mudah Mengatasinya

Siapa yang tak pernah mengalami cegukan? Kondisi seperti itu hampir sebagian besar dialami oleh orang hingga cukup mengganggu aktivitasnya. Cegukan terjadi karenaadanya kontraksi tiba-tiba yang tidak sengaja pada diafragma dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menit.
Secara medis, cegukan dikenal sebagaisingultus yakni kondisi diafragma yang mengejang di luar kemauan. Cegukan cenderung terjadi ketika tingkat karbondioksida dalam darah merosot terlalu rendah. Selain itu, makanan pedas dan alkohol terkadang juga menjadi pemicu cegukan.
Makanan pedas, seperti cabai, lada, dan makanan kari bisa menimbulkan cegukan yang berlangsung selama lebih dari 1 menit. Sedangkan, alkohol yang diminum terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada saraf yang berfungsi mengendalikan diafragma. Saraf cenderung mendorong terjadinya kejang di dalam otot dan menyebabkan cegukan.
Ada beberapa hal lain yang menyebabkan cegukan. Apa saja? Berikut 6 penyebab cegukan:
1. Makan terlalu banyak.
2. Makan terburu-buru.
3. Menelan terlalu banyak udara.
4. Merokok.
5. Perubahan suhu mendadak di perut, seperti meminum minuman panas dan kemudian makan sesuatu yang dingin.
6. Stres atau emosi yang tinggi terkadang juga memicu cegukan.
meminum air dingin
Cegukan normal biasanya terjadi 4-60 kali/menit dengan interval yang teratur dan berlangsung selama 10-30 menit. Lalu, ada juga cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam disebutpersistent hiccups atau cegukan terus-menerus. Selain itu, ada cegukan yang bertahan lama dari sebulan disebut intractable hiccups atau cegukan keras. Meskipun jarang terjadi, namun cegukan keras bisa menyebabkan kelelahan, kurang tidur dan penurunan berat badan.
Ragam cegukan yang dirasa itu, sebaiknya harus segera diatasi. Berikut cara mudah mengatasi cegukan:
1. Menahan napas dan menghitung perlahan sampai hitungan ke-10.
2. Meminum air tanpa bernapas. 
3. Bernapas berulang kali ke dalam kantong kertas dalam jangka waktu terbatas.
4. Meminum segelas air dingin.
5. Makan 1 sendok teh gula atau madu.
Itulah penyebab dan cara mudah mengatasi cegukan. Jika cegukan itu tak berhenti dalam beberapan jam hingga berhari-hari, maka sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter karena hal tersebut merupakan gejala penyakit yang serius.

Selasa, 30 Desember 2014

Sore Keakraban (SoAk) KIR 2014






Haloo.. Pada hari ini, mimin akan sharing tentang salah satu kegiatan KIR Budut yaitu Sore Keakraban. Acara ini bertujuan untuk mengakrabkan dan  mempererat tali silaturahmi antara pengurus, anggota serta alumni KIR.

Acara SoAk tahun ini diselenggarakan di rumah salah satu panitia angkatan ke-35 yaitu Mursyid, dimulai pukul 3 sore. Seksi acaranya, Fane dan Presley (ang.35) membuka dan membawakan serangkaian acara.
Presley dan Fane sebagai seksi acara
Setelah pembukaan, acara diisi dengan sambutan dari ketua umum KIR periode 2014-2015; Arifa, juga sambutan dari ketua pelaksana SoAk; Ilham(ang.35); sambutan tuan rumah;Mursyid(ang.35) dan perwakilan alumni yaitu Kak Givan dan Kak Fikri(ang.31).

Tuan rumah memberikan sambutan

Selanjutnya masing-masing saling memperkenalkan diri mulai dari angkatan yang paling muda hingga angkatan paling tua. 

Acara berikutnya yaitu berbagai games! Games yang pertama adalah menjatuhkan post-it. Jadi post-it yang sudah disiapkan ditempel di wajah peserta, peraturannya peserta  tidak boleh menggunakan tangan untuk melepaskan post-itnya. Games ini dikuti oleh Yuda(ang.34), Dimas(ang.35), Dhea dan Arifa(ang.33) dan Kak Fikri(ang.31). Games ini menambahkan keseruan SoAk, peserta kesulitan untuk menjatuhkan post-it yang menempel.
Peserta lomba pos-it sebelum lomba dimulai
 Games yang kedua yaitu memecahkan balon. Peserta berpasang-pasangan dan balon yang diletakkan di tengah kedua punggung peserta harus pecah. Untuk menambah keakraban, pasangan tidak boleh dari angkatan yang sama.

Dan games yang terakhir yaitu tebak gaya. Games ini yang paling seru karena satu orang harus memeragakan gaya yang mengandung kalimat dan kelompok lawan harus menebak kalimat apa yang dimaksud. Tawa-tiwi terdengar ketika Maya dari angkatan 33 memeragakan gayanya.

Setelah games, ada sharing. Kita saling berbagi pengalaman selama menjadi anggota KIR, alumni sharing pengalamannya yang bisa bermanfaat untuk pengurus juga anggota.
Sharing
 Acara selanjtunya sholat Magrib dilanjutkan dengan makan malam. Seksi konsumsi menyiapkan nasi box yang enak dan mengenyangkan. Selain itu ada berbagai macam sanck dan buah semangka untuk pencuci mulut. Perut pun kenyang... Alhamdulillah...

Karena baru sempet dateng, setelah makan ada sambutan dan perkenalan dari kak Bony sm kak Haris (ang.29).

Setelah itu untuk penutupan, sesi foto bersama per angkatan dilanjutkan dengan foto semua angkatan yang dateng SoAk. Kebersamaannya terasa bgt di moment ini.

Dan sebelum pulang, Presley membagikan hadiah kepada juara-juara games tadi.
Keluarga besar KIR Budut

Arifa sebagai juara lomba post-it

Mursyid dan Aji sebagai juara lomba balon


Sakilah, Deas, Yuda dan Mifta sebagai kelompok juara tebak gaya
Akhirnya acaranya berakhir dengan baik, terima kasih keada panitia yang sudah menyelenggarakan acara SoAk kali ini. Semoga kedepannya keluarga besar KIR Budut semakin akrab dan kompak. Amiin... :)





Jenis-jenis Petasan

Mengenal Jenis-Jenis Petasan

Menjelang perayaan hari-hari besar seperti tahun baru, idul fitri, imlek dan semacamnya, rakyat sebangsa dan setanah air biasanya terbagi menjadi dua kubu. Kubu yang pertama adalah kubu yang kerjaannya senewen sambil jantungan dan nyumpahin orang-orang yang main petasan, dan kubu yang satunya adalah kubu yang kegirangan akan datengnya musim perayaan sambil ketawa-ketawa ngikik macam bocah jahil pas nyalain petasan.
MBDC mah nggak ngikut kubu mana-mana. Kita di sini orangnya netral.  Artikel ini ditujukan buat kedua kubu, supaya yang doyan ngomel-ngomel karena petasan jadi lebih paham sasaran kemarahannya, dan yang doyan main petasan jadi lebih tahu petasan-petasan favoritnya. Oh iya, kita juga sama sekali nggak jualan petasan ya di kantor MBDC, jadi ini juga bukan artikel pesan sponsor. Taeah udah cukupdisclaimer-nya, yuk dibaca aja deh!

Petasan Ceplik/Petasan Cabe

Dinamakan petasan cabe karena bentuknya yang kecil bagaikan cabe rawit. Namun ledakannya juga cukup menggigit. Meski demikian, banyak juga yang menganggap petasan cabe ini bunyinya nanggung (baca: cempreng) sehingga ngeledakin serentet doang kayaknya nggak afdol, begitu. Macam cabe rawit lah pokoknya, bikin nagih buat yang suka mah.

Petasan Korek

Cara menggunakannya nggak jauh beda dengan cara menggunakan korek api kayu biasa. Tapi ukurannya yang mini banget dan bentuknya yang menyerupai puntung rokok biasa itu sungguh menimbulkan efek kaget yang pol. Hati-hati ketuker sama rokok beneran ya, ngerokok ginian bisa bikin gigi rontok dan lidah buntung.

Petasan Kentut

Petasan kentut ini sebenernya adalah smoke grenade. Kalo dinyalain jadi keluar asapnya gitu, kadang-kadang asapnya warna-warni segala. Petasan ini cukup budeg-friendly karena nggak ada bunyi ledakannya. Kamu juga bisa mencoba kreatif dengan berpura-pura menjadi ninja dan menghilang setelah keadaan sekeliling sudah dipenuhi oleh asap dari petasan kentut ini. Oh iya, sampai sekarang belum diciptakan petasan kentut yang benar-benar berbau kentut, loh (palingan sih yang tercium dari petasan kentut ini adalah bau-bau belerang gitu). Ada yang tertarik menciptakannya?

Petasan Jangwe

Yak. Sejenis petasan roket, tapi kalo jangwe itu versi tradisionalnya kali ya. Biasanya berwujud lintingan kertas dan ada pegangannya gitu, bisa dari lidi-lidian atau kayu tipis. Petasan jangwe ini menimbulkan bunyi yang lumayan bikin kaget, tapi juga cukup kece karena nggak cuma bunyi doang tapi muncul pula ledakan berwarna-warni. Lumayan semarak lah. Sodaraan ama si petasan jangwe ini adalah petasan air mancur yang memancarkan percik api kalau sumbunya dinyalain.

Petasan Disko

Inilah petasan yang cocok buat kamu-kamu yang berjiwa ajep-ajep. Cukup sulut sumbu petasan ini, dan akan muncul cahaya kelap-kelip bak lampu diskotik (hari gini masih ada yang ke diskotik ga sih?). Petasan ini juga tidak menimbulkan suara, tapi kamu jangan kuatir dong. Kamu kan tetep bisa memutar lagu-lagu ajep-ajep andalan kamu untuk mengiringi aksi petasan ini. Volumenya yang pol ya, biar tetep bisa ganggu tetangga.

Petasan Batu

Petasan ini kayaknya emang diciptain buat ngisengin orang. Wujudnya kayak batu gitu, terus biasanya dinyalain sambil digelindingin ke tanah dan tiba-tiba meledak gitu. Bikin kaget banget deh pokoknya. Petasan ini adalah salah satu dari duo petasan iseng-iseng yang memancing paling banyak sumpah-serapah. Nah, yang satu lagi adalah petasan banting. Cara ngebunyiinnya ya dengan dibanting.

Petasan Teko

Ini petasan yang daya ledaknya cukup bikin kita nyebut istighfar berkali-kali. Cara nyalainnya biasanya dengan cara dipendem di tanah, kalo bisa sumbunya dibikin agak panjang juga supaya masih ada waktu buat lari. Kenapa mesti ada waktu buat lari? Soalnya dahsyat banget ledakannya, jo. Sempet tuh MBDC baca berita tentang bocah yang kepalanya remuk gara-gara maenin ni petasan. Hardcore lah pokoknya, materi rotten.com banget.

Petasan Bledosan/Mercon Bumbung

Petasan ini emang gak bisa ditemuin di toko-toko lagi karena biasanya bikin sendiri gitu deh. DIY macam anak punk gitu lho. Dibuat dari bambu petung yang konon lebih besar dan tebal. Nah, dalemnya bambu ini diisi karbit dan air. Kadang-kadang juga bisa menggunakan minyak tanah. Terus, cara membunyikannya ya dengan disulut api dari kejauhan. Jangan lupa sambil siap-siap tutup kuping juga soalnya bunyinya emang nyaring banget.

Sabtu, 13 Desember 2014

Jenis-Jenis Imunisasi dan Manfaatnya



Si kecil sering sakit-sakitan dan terhambat pertumbuhannya? Mungkin karena daya tahan tubuhnya sedang menurun akibat pengaruh lingkungan, atau bahkan karena imunitasnya termasuk rendah. Sebelum Bunda memberikan obat-obatan kepada si kecil, ada baiknya Bunda mengingat-ingat lagi, kapan terakhir kali si kecil mendapat imunisasi. Sudah lengkapkah imunisasinya? Atau mungkin ada yang terlewat?

1. Imunisasi Hepatitis B, berfungsi untuk melindungi hati. Jika anak terinfeksi virus hepatitis B, maka dalam jangka panjang ia memiliki risiko terserang penyakit liver ataupun kanker hati. Imunisasi ini harus diberikan kepada anak-anak sebanyak tiga kali. Pertama kali diberikan segera setelah si kecil lahir. Yang kedua kalinya saat ia berusia 1-2 bulan. Dan yang terakhir, saat berusia 6-18 bulan.

2. Imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PVC). Imunisasi ini berfungsi melindungi anak dari risiko terkena pneumonia, infeksi dalam darah, dan meningitis. Imunisasi PCV diberikan saat anak berusia di bawah dua atau lima tahun.

3. Imunisasi DTaP, yang fungsinya melindungi anak dari difteri, tetanus, dan pertusis. Difteri merupakan infeksi pada tenggorokan yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Tetanus adalah penyakit yang menyebabkan kejang yang sangat hebat pada otot. Pertusis merupakan penyakit pernapasan yang berkembang menjadi batuk rejan. Imunisasi DTaP diberikan saat anak berusia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 15-18 bulan, dan 4-6 tahun.

4. Imunisasi Haemophilus Influenzae tipe B (HIB), yaitu imunisasi yang melindungi anak dari penyakit meningitis. Imunisasi diberikan melalui suntikan pada usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan.

5. Imunisasi polio, bermanfaat untuk mencegah anak terinfeksi virus polio yang berakibat pada kelumpuhan permanen. Imunisasi polio biasanya diberikan pada saat anak berusia 2 bulan, 4 bulan, 6-18 bulan, dan 4-6 tahun.

6. Imunisasi MMR (Measles Mumps Rubella), yang berfungsi anak dari campak, gondok, dan rubella. Imunisasi MMR diberikan melalui dua kali suntikan, yaitu saat usia 12-15 bulan dan usia 4-6 tahun.

7. Imunisasi Varicella yang memiliki fungsi melindungi anak dari cacar air. Imunisasi varicella diberikan melalui suntikan saat usia 12-15 bulan.

8. Imunisasi terhadap virus Hepatitis A. Imunisasi ini dianjurkan untuk anak usia 12-23 bulan, dan diikuti dosis keduanya 6 bulan kemudian.

9. Imunisasi Rotavirus. Imunisasi ini berfungsi mencegah diare hingga dehidrasi pada anak terutama pada bayi. Imunisasi dianjurkan diberikan pada anak usia 2-4 bulan.
Dengan memberikan imunisasi yang lengkap sesuai waktunya, berarti Bunda sudah memberikan perlindungan tambahan kepada buah hati tercinta. Dengan imunitas yang baik, si kecil akan dapat tumbuh dengan sehat dan tanpa hambatan, serta terhindar dari penyakit-penyakit berat. Jangan segan untuk mengkonsultasikan hal ini dengan dokter anak atau bidan di lingkungan tempat tinggal kita. Dengan tubuh sehat dan kuat, anak-anak pasti bisa meraih masa depan yang lebih cerah.

Minggu, 16 November 2014

16 Dampak Negatif dari Marah untuk Tubuh

1. Kemarahan dapat menyebabkan stres dan ketidakbahagiaan

Orang yang marah mungkin memiliki kecenderungan lebih stres dan jauh dari rasa bahagia dibandingkan dengan orang lain. Dari stres akibat rasa marah, hal tersebut dapat menimbulkan tekanan darah tinggi, tekanan mental dan emosi yang semakin tidak terkendali.
2. Kemarahan diketahui menyebabkan tekanan darah tinggi

Saat marah, sebenarnya seketika tekanan darah meningkat dan irama napas menjadi cepat. Pada beberapa kasus, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan sakit kepala mendadak.3. Kemarahan dapat membuat agan rentan terhadap peradangan dan nyeri otot

Dalam ilmu kedokteran, pelepasan hormon yang disebut kortisol selama kemarahan diketahui menyebabkan otot untuk melenturkan dan menerima serangan energi dalam beberapa detik. Segingga pada akhirnya, pelepasan berulang Kortisol memiliki efek negatif seperti membuat tubuh rentan terhadap nyeri otot dalam jangka panjang.4. Cepat letih

Ekspresi kemarahan tentu membutuhkan energi. Dalam proses itu, hormon stres akan meningkat dan pada akhirnya akan menguras habis energi tubuh.5. Kesulitan untuk tidur

Pikiran negatif yang menguasai otak pastinya akan membuat si pemarah sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Kerugian ini akan menyebabkan seseorang untuk lebih mudah terserang sakit kepala.6. Kemarahan dapat melemahkan kekebalan tubuh

agan mungkin sering mendengar bahwa pikiran yang sehat adalah hati yang sehat. Kondisi mental seseorang memiliki dampak besar pada tingkat kekebalan tubuh.7. Kemarahan dapat menyebabkan isolasi sosial

Selain efek samping medis, salah satu efek samping penting dari kemarahan bisa menjadi isolasi sosial. Tidak ada yang suka berada di sekitar marah, orang murung dan temperamental. Setelah agan mulai memiliki reputasi sebagai orang yang marah, kemungkinan orang menjauhkan diri dari agan.8. Detak jantung yang lebih cepat

Orang yang sering marah dilaporkan juga memiliki detak jantung yang lebih cepat. Meski pasien tidak menunjukkan tanda-tanda cemas, sebenarnya tubuh mereka menunjukkan tanda-tanda ketakutan dan stres, seperti peningkatan hormon kortisol dan berkeringat.9. Meningkatkan hormon stres

Ketika seseorang marah, maka salah satu bagian syaraf yakni hypotalamic pituitary menjadi hiperaktif. Bagian hormon inilah yang kemudian melepaskan hormon stres yang disbeut kortisol. Semakin banyak kortisol dikeluarkan, tekanan darah pun meningkat.10. Stroke

Stroke otak terjadi ketika satu atau lebih pembuluh darah di otak pecah. Hal ini dapat terjadi ketika kemarahan membuat tekanan darah agan naik sangat tinggi. Stroke otak dapat membunuh agan atau melumpuhkan agan seketika.11. Sakit kepala

Ketika agan marah, pembuluh darah di otak akan berdenyut liar. Hal ini dapat memicu rasa sakit di kepala. Cobalah untuk tenang segera, jika agan merasa nyeri di kepala agan karena dipicu oleh perasaan marah.12. Masalah pernapasan

Marah juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma. Seseorang akan merasa sulit bernapas ketika ia marah. Kemarahan juga dapat memicu serangan asma dan membuat napas seseorang terengah-engah.13. Sering sakit

Tahukah agan jika kita sering marah sistem imun kita akan menurun. Nah, jika sistem imun kita menurun otomatis penyakit pun akan lebih mudah menyerang kita.14. Serangan cemas

Hal yang satu ini tentu bukan rahasia lagi. Akibat marah yang kita alami, dapat membuat perasaan cemas yang tak jelas terhadap berbagai hal. Kita pun akan menjadi lebih sensitif.15. Depresi

Akibat stres berkepanjangan yang dialami pasca kita marah, ternyata dapat menimbulkan dampak lain yaitu depresi.16. Gangguan pencernaan

Berbagai penyakit pencernaan seperti refluks asam, maag, atau sembelit akan muncul jika kita sering marah. Hal ini dikarenakan kadar asam lambung yang meningkat saat kita marah.
Sumber :http://www.kucoba.com/2012/02/12-tips-untuk-menahan-dan-mengendalikan.htmlhttp://www.kaskus.co.id/thread/536f7109a4cb171d508b4810/?ref=homelanding&med=hot_thread