Kamis, 29 Juli 2010

Diklat Pertama !!!

Kamis, 29 Juli merupakan diklat pertama yang diadakan di sekolah. Adapun diklat itu ialah belajar. Pada kesempatan itu ialah belajar kimia dan yang mengajar adalah Fahdnul, salah satu angkatan 29.


Selanjutnya ialah diklat pertama di luar sekolah. Diklat ini terjadi tanggal 31 Juli di Monas. Diklat ini merupakan post to post yang telah disiapkan sebelum harinya. Pos-pos dibagi-bagi menjadi 5 pos yaitu pos thinking, pos motivasi, pos kebersamaan, pos leadership, dan pos terakhir.

Peserta diklat tidak mengetahui pos-pos tersebut berada dimana. Mereka hanya diberi petunjuk untuk mencari pos-pos tersebut. Saat itu terbagi 4 kelompok yang terdiri dari 3 orang.

Pertama kali sampai di Monas, kami semua berkumpul di kolam air mancur. Disitulah terjadi pembagian kelompok. Setelah diberi pengarahan, mereka semua di lepas untuk memulai mencari pos-pos yang memang sudah tersebar.

Pos thinking, merupakan pos yang menuntut pemikiran para peserta. Di pos ini disediakan beberapa amplop yang berisi soal yang mereka harus jawab. Soal ini bukan soal pelajaran tetapi, soal yang serupa dengan studi kasus

Pos motivasi, merupakan pos dimana para peserta diberi pertanyaan tentang motivasi mereka masuk KIR

Pos kebersamaan, merupakan pos yang menguji kebersamaan tiap kelompok. Tes nya yaitu melalui permainan yang menuntut kerja sama tiap anggota kelompok

Pos leadership, merupakan pos yang mengajarkan tentang kepemimpinan.

Pos terakhir, merupakan dimana pos tujuan akhir. Di pos ini tiap kelompok diberikan pertanyaan untuk mendapatkan harta karun (Tema diklat saat itu, berburu harta karun)

Kendala yang terjadi pada saat diklat itu ialah waktu.

Semoga ke depannya diklat KIR menjadi lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar