Selasa, 28 Januari 2014

Dampak Buruk Akibat Kurang Tidur



Dampak Buruk Akibat Kurang Tidur – Di zaman yang serba sibuk ini,  mungkin banyak orang yang lebih mementingkan kesibukannya daripada meluangkan waktu untuk istirahat. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela berkerja tanpa mengenal waktu tidur. beberapa orang tidak menyadari akibat yang ditimbulkan dari kurang tidur. Padahal kurang tidur sendiri dapat menyebabkan banyak sekali masalah kesehatan yang dapat menganggu tubuh anda.
Berikut adalah macam macam akibat yang ditimbulkan dari kurang tidur:
Dampak Buruk Akibat Kurang Tidur
1. Berkurangnya daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh kita akan sangat menurun akibat dari kurang tidur tersebut. Akibatnya kita sangat mudah untuk terserang penyakit dari luar. Para ilmuan menyarankan, bagi orang yang kurang tidur, untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menjauhi orang yang sedang sakit. Karena akan lebih mudah untuk tertular.

2. Meningkatnya Stres
Menurut penelitian, bahwa kurang tidur juga dapat menyebabkan orang tersebut mengalami gangguan pada hormon pengatur stres. Dan berakibat dapat membuat orang tersebut lebih mudah untuk merasa tidak tenang/cemas.

3. Naiknya berat badan
Karena jam tidur yang sangat sedikit, anda akan lebih merasa lapar dan terus ingin mengkonsumsi  makanan yang kaya lemak dan karbohidrat. Hal ini dipengaruhi oleh metabolisme yang memperlambat akibat dari kurangnya tidur tersebut.

4. Konsentrasi akan menurun
Kurang tidur juga dapat menurunkan konsentrasi, yang berakibat anda akan lebih sulit untuk mengingat ataupun belajar.

5. Akan membuat murung
Dalam hal ini, bagi anda yang kurang tidur, anda akan lebih mudah untuk menangis. Menurut penelitian, Hal ini disebabkan oleh hormon yang mengatur suasana hati akan berubah ketika tidur anda mulai tidak teratur atau pun kurang tidur.

6. Mempersulit untuk Berolah raga
Hal ini dikarenakan, jika anda kurang tidur, maka konsentrasi anda akan menurun dan berakibat akan menggagu anda dalam berolah raga. Perasaan mengantuk yang terjadi akibat kurang tidur akan sangat mempersulit waktu berolah raga dan menjadi penghambat saat berolah raga.

 Tuhh ternyata kurang tidur bahaya juga buat kesehatan
Nahhh buat yang sering begadang nihh kurangin yuk begadangnya biar cukup tidurnya dan fit besok paginya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar